Definisi
Internet Marketing
Internet Marketing
Internet Marketing adalah kegiatan yang dilakukan melalui media
Internet dengan tujuan memperoleh keuntungan. Mungkin Anda
sendiri sudah pernah mendengar tentang Internet Marketing dari
Internet atau dari teman, dan beberapa di antaranya mengklaim bisa
kaya dari Internet Marketing. Tapi, apakah semudah itu memperoleh
kekayaan lewat Internet?
Dalam dunia Internet Marketing, pihak yang berperan
penting dalam perputaran uang di Internet −yang kemudian Saya
sebut dengan Internet Marketing Triangle (IMT)− yakni Market,
Vendor, dan Affiliate.
Sebelum memulai petualangan Internet Marketing yang penuh tantangan,
Anda harus memilih untuk berada di sudut IMT sebelah
mana? Apakah menjadi Market, menjadi Vendor, menjadi Affiliate
atau menjadi ketiga-tiganya. Market adalah tempat berkumpulnya
para calon pembeli/prospek, Vendor adalah pihak yang membuat
produk/jasa untuk dipromosikan oleh Affiliate ke Market, dan
Affiliate adalah perantara yang menjual produk/jasa dari Vendor
langsung ke Market.
Market mendapatkan uang dari hasil pemasangan iklan dari Affiliate.
Vendor mendapatkan uang dari penjualan yang dilakukan oleh
Affiliate. Dan Affiliate mendapat uang dari komisi yang diberikan
oleh Vendor.
Tugas utama Market adalah menyediakan calon pembeli. Tugas
utama Vendor adalah memproduksi produk/jasa. Dan tugas utama
Affiliate adalah menjual produk/jasa ke tangan calon pembeli.
Pilih salah satu tugas yang Anda inginkan dan sesuai dengan kepribadian
Anda. Jangan salah pilih karena kalau tidak suka, maka akan
berat untuk dijalani. Tidak perlu melakukan ketiga tugas tersebut
sekaligus. Pilih satu tugas lalu biarkan sudut lain yang melakukan
tugasnya untuk memperingan tugas Anda. Cara ini lebih efektif dan
efisien daripada harus melakukan semuanya sendiran. Anggaplah ini
sebuah teamwork.
Anda juga harus menyadari dan mempelajari apa saja yang dibutuhkan
untuk sukses di tiap sudut bagian dari segitiga IMT. Untuk
sukses sebagai Market ada ilmunya sendiri, untuk sukses sebagai
Vendor juga ada ilmunya sendiri, dan sebagai Affiliate juga ada
ilmunya tersendiri.
Sebagai contoh, misalkan Anda ingin fokus menjadi seorang Affiliate
maka keterampilan yang harus dipelajari dan ditekuni adalah keterampilan
untuk menjual, bukan keterampilan untuk menarik pengunjung
yang merupakan ilmu yang harus dikuasai seorang Market.
Intinya, tiap sudut IMT memiliki ilmunya sendiri-sendiri. Jangan
sampai dicampuradukkan karena akan sangat membingungkan.
Dan inilah yang sering terjadi kepada banyak Internet Marketer, yang
mengakibatkan mereka tidak fokus dan tidak tahu mau ke mana,
yang pada akhirnya menganggap Internet Marketing terlalu rumit.
Atau, mereka mencoba melakukan ketiganya sehingga kelelahan di
tengah jalan dan mengambil kesimpulan Internet Marketing terlalu
berat.
Pada bab berikutnya akan Saya bahas satu per satu ilmu-ilmu dari
tiap sudut IMT mana yang paling sesuai dengan kepribadian Anda.
Sehingga Anda bisa lebih mantap memilih di sudut mana dari IMT
untuk ditekuni. Bisa salah satu, bisa dua, atau kalau Anda suka
tantangan, Anda bisa memilih di ketiga sudut dari segitiga IMT
sekaligus, yakni sebagai Market, Vendor dan juga sebagai Affiliate.
Kalaupun Anda ingin menguasai ketiganya, Saya sangat sarankan
untuk mulai sebagai Market dahulu. Setelah itu Vendor, dan kalau
sudah mahir, baru Anda menjadi Affiliate.
Kenapa harus Market dulu karena kalau Anda sudah mahir mendatangkan
banyak pengunjung ke website Anda maka uang akan
datang dengan sendirinya. Contohnya, Anda mempunyai website
iklan baris yang mampu menyedot pengunjung 10.000 orang per
hari. Cepat atau lambat, para Affiliate akan datang untuk memasang
iklan di website Anda, dan akhirnya Anda mendapatkan uang dari si
pemasang iklan setiap bulan secara passive income.
Setelah mahir menjadi Market, barulah Anda bisa menjadi Vendor,
karena sudah mempunyai pengunjung yang sangat banyak ke
website Anda. Maka sangat mudah untuk mengumumkan produk/
jasa Anda kepada para calon Affiliate di antara 10.000 orang yang
sebelumnya sudah setia datang ke website Anda setiap hari.
Misalkan ada 1000 orang tertarik menjadi Affiliate yang mau mempromosikan
produk/jasa milik Anda. Maka Anda akan mendapatkan
passive income setiap bulan dari hasil penjualan yang dihasilkan dari
para Affiliate Anda tersebut.
Setelah Anda mengumpulkan banyak sekali uang dari hasil menjadi
Market dan Vendor, saatnya Anda menginvestasikan uang Anda
tersebut untuk biaya mempromosikan produk/jasa orang lain sebagai
Affiliate. Kenapa harus mengeluarkan biaya? Karena kalau Anda
serius ingin mendapatkan uang yang cukup sebagai Affiliate, mau
tidak mau Anda harus memasang iklan berbayar di website yang
sangat populer dan sangat amat banyak pengunjungnya, seperti
Google, Yahoo, Live, Facebook dan sebagainya. Di sinilah Anda
akan mendapatkan Multiple Massive Passive Income yang sangat
luar biasa banyaknya.
1.1 Market
Market adalah pasar, yakni tempat berkumpulnya para calon pembeli
yang ingin membeli produk atau jasa yang ditawarkan di
Internet. Di sinilah tempat di mana Anda bisa menawarkan sebuah
produk atau jasa. Beberapa contoh website Market adalah sebagai
berikut.
Facebook,
www.facebook.com.
Kaskus
Kaskus salah satu website berbasis forum yang sangat banyak penggunanya
di Indonesia. Di website ini tersedia berbagai macam
kategori, mulai dari Musik, Film, Bisnis dan sebagainya.
Di dalam setiap kategori, Anda bisa membuat topik yang ingin
dibahas kepada pengguna kaskus lainnya, yang biasa disebut
dengan panggilan kaskuser.
Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser: www.kaskus.us.
www.google.com.
Bing
Bing adalah search engine milik Microsoft yang sangat populer
setelah Google dan Yahoo. www.bing.com.
Iklanbarismax
www.iklanbarismax.com.
1.2 Vendor
Vendor adalah produsen yang memproduksi, membuat, menyediakan
produk dan jasa, yang bisa dijual di Internet. Beberapa contoh
website Vendor adalah sebagai berikut.
1.Amazon
Amazon bergerak dalam bidang penjualan buku secara online.
www.amazon.com.
2.Bhinneka
Bhinneka menjual produk komputer dan aksesorisnya. Dari PC,
monitor, printer hingga hard disk. Merupakan salah satu website
vendor komputer yang sukses di Indonesia. Untuk mengunjungi
website ini, ketik pada browser: www.bhinneka.com.
1.3 Affiliate
Affiliate adalah perantara/agen yang membantu penjualan Vendor ke
Market. Dari hasil penjualan tersebut, Affiliate memperoleh komisi
sekian persen dari harga jual sebuah produk/jasa. Affiliate diberikan
web replika yang berisi id/username untuk kepentingan promosi.
Contohnya: Anda promosi produk/jasa dari website:
www.Zxc123.com, nanti Anda dapat web replika:
www.Zxc123.com?id=UsernameAnda. Setiap ada yang membeli
lewat www.Zxc123.com?id=UsernameAnda, Anda dapat komisi.
Banyak website yang menjembatani antara Affiliate dengan Vendor.
Beberapa contoh website yang bergerak dalam bidang tersebut
adalah sebagai berikut.
1.Clickbank
Clickbank memiliki banyak daftar ebook/software dari Vendor yang
bisa Affiliate jual ke Market, dan mendapatkan komisi dari setiap
penjualan (ebook adalah buku elektronik berformat pdf yang bisa
dibaca lewat komputer).
Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser:
www.clickbank.com.
2. Paydotcom
Tidak jauh beda dengan Clickbank. Paydotcom juga menjual ebook/
software dengan harga yang biasanya lebih murah ketimbang
Clickbank. Untuk mengunjungi website ini, ketik pada browser:
www.paydotcom.com.
3. Neverblue
Neverblue adalah CPA network yang saat ini paling banyak digunakan
Affiliate untuk mempromosikan ebook/software. CPA adalah
Cost Per Action di mana setiap Affiliate bisa dibayar walaupun prospek
hanya mengisi form email saja tanpa harus membeli apa pun.
Untuk mengunjungi website, ini ketik pada browser:
www.neverblue.com.
Sumber: Dari berbagai sumber bacaan.(http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3430508)
Posting Komentar