Begini Penjelasan Gigi Keropos Karena Rokok dan Pasta Gigi


SEMARANG- Pada dasarnya gigi keropos disebabkan oleh asam hasil peruraian sisa makanan oleh bakteri dalam mulut. Jika gigi terkena paparan asam terus menerus membuat lapisan email gigi semakin tipis dan kemudian keropos. Oleh karena itu, gigi memerlukan lapisan untuk melindungi gigi dari serangan asam.

Research and Innovation Manager Formula Oral Care, Puji Astuti memaparkan, kondisi itu berbeda dengan perokok, kandungan tar dari rokok lebih membahayakan gigi, sebab semakin lama zat tar akan mengendap dan membentuk lapisan keras di gigi.

"Tar yang mengendap menjadi lapisan keras ini memperparah pengeroposan gigi. Apalagi, di dalam mulut juga menghasilkan paparan asam terhadap gigi hasil penguraian sisa makanan dan bakteri," kata Puji kepada Tribun Jateng, kemarin.

Sementara itu, Public Relation Manager Orang Tua Group Anna Maria menjelaskan Formula sebagai salah satu produk Orang Tua telah berinovasi menciptakan Formula Strong Protector untuk melindungi gigi.

"Formula Strong Protector dilengkapi dengan SPL (system protective layer) yang mampu melapisi dan melindungi email gigi agar lebih tangguh dari serangan asam yang disebabkan oleh bakteri," katanya.

Selain melalui produk, Formula menciptakan sebuah eksperimen yang dapat menjelaskan bagaimana proses pengeroposan gigi terjadi dan bagaimana lapisan pelindung dapat mencegah gigi keropos.
“Cara ini kami sebut dengan Formula Eggsperimen, sebuah eksperimen yang menggunakan cangkang telur yang menggambarkan kalsium pada gigi dan cuka yang menggambarkan asam mulut, eggsperimen ini bisa dicoba di rumah untuk membuktikan apakah pasti gigi anda sudah tepat atau belum ” ujar Anna.

Caranya, rendam dua cangkang telur dalam pasta gigi selama empat hari. Salah satu cangkang direndam dalam pasta gigi Formula Strong Protector, satunya rendam dengan pasta gigi lainnya. (Setelah itu, cangkang telur dibersihkan dari pasta gigi menggunakan air dan dikeringkan. Kemudian, dua cangkang telur yang sudah bersih dimasukkan ke dalam cairan cuka.

“Setelah lima menit terlihat gelembung gas pada permukaan cangkang telur yang dilapisi pasta gigi lain, artinya, terjadinya reaksi antara kalsium pada cangkang telur dengan asam cuka, sebaliknya cangkang telur yang sudah dilapisi pasta gigi Formula Strong Protector tidak nampak gelembung gas” jelas Puji.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com