Tahun Baru Belum Mulai, 245 Warga Filipina Sudah Jadi Korban Petasan


AFP
Manila - Malam peringatan Tahun Baru masih 8 jam lagi. Namun 245 warga Filipina sudah jadi korban petasan yang mereka beli untuk perayaan pergantian tahun.

Pemerintah Filipina mengatakan korban luka ini akibat petasan dan kembang api yang kerap dinyalakan warga Filipina. Seperti dilansir straitstimes.com, Jumat (31/12/2010), Menkes Filipina Enrique Oma pun berkeliling rumah sakit menjelang malam Tahun Baru.

Oma ingin memastikan setiap rumah sakit sudah siap mengantisipasi jika ada kecelakaan termasuk akibat kembang api di malam Tahun Baru nanti. Unit gawat darurat, kamar bedah dan obat-obatan pun siaga.

Pemerintah Filipina menyatakan korban luka akibat petasan bisa melonjak menjadi 1.000 orang menjelang tengah malam. Pemerintah Filipina meminta warganya berhati-hati dengan kembang api dan petasan.

Kebanyakan orang Filipina, terutama yang dipengaruhi tradisi China, percaya kalau perayaan Tahun Baru yang ribut dengan suara petasan akan menjauhkan diri dari setan dan kesialan.

Nah, bagi kita yang juga merayakan Tahun Baru, tidak ada salahnya berhati-hati dengan kembang api yang akan kita nyalakan nanti malam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com