5 Klausul Kontrak Paling Nyleneh di Jagad Sepakbola

Dalam dunia sepak bola, kalusul kontrak dibuat untuk memberikan kenyamanan dan keamanan antara pemain dan klub. Segala hal yang berhubungan dengan gaji, bonus, dan harga jual, semuanya tertera jelas di klausul kontrak yang akan ditandatangani pemain sebelum bergabung ke sebuah klub.

Namun, ternyata ada beberapa klusul kontrak yang berisikan ketentuan-ketentuan yang cukup nyleneh dan menggelitik. Berikut ini ulasannya.

1. Makan Testis Domba
Saat Spencer Prior bergabung dengan Cardiff pada tahun 2001, Sam Hammam (mantan pemilik klub Wimbledon) tanpa sungkan memasukkan persyaratan aneh ke klausul kontrak sang pemain, yakni 'Memakan Testis Domba'. Secara mengejutkan Prior ternyata menyetujui persyaratan tersebut dan menyantap hidangan yang disediakan sang bos besar. Setelah Prior selesai makan, Hammam lantas membeberkan kalau hidangan yang dimakan sang pemain adalah olahan daging ayam.

2. Dicekal Dari Wahana Ski
Saat Stig Inge Bjornebye bergabung ke Liverpool pada tahun 1992, ia membuat kesalahan saat keceplosan menyebutkan bahwa hobinya adalah bermain ski. Hal itu lantas membuat kubu The Reds menyertakan persyaratan yang tidak ada hubungannya dengan sepak bola di dalam klausul kontrak Bjornebye. Bisa ditebak, hal itu adalah melarang sang pemain untuk mendatangi semua wahana ski di seluruh penjuru dunia.

3. PHK Andai Terjadi Perang
Manajer asal Jerman, Bernd Stange mendapat tawaran untuk menukangi Timnas Irak pada tahun 2002. Sebelum menandatangani kontrak yang disodorkan, Stange memasukkan di dalam kontraknya klausul yang memperbolehkan dirinya berhenti secara sepihak andai kata terjadi perang.

Keputusannya terbukti tepat, pada tahun 2004 Presiden Amerika Serikat, George W. Bush, melakukan invasi militer ke Irak.

4. Ikut Campur Dalam Starting XI
Jauh sebelum Roman Abramovich terkenal dengan keikutcampurannya dalam keputusan pelatih, ternyata sudah ada owner yang melakukan hal itu di Premier League. Sam Hammam, pemilik klub Wimbledon mengikutsertakan klausul yang memperbolehkan dirinya merubah komposisi starting xi, 45 menit jelang kick-off saat Hammam mengontrak manajer Bobby Gould di tahun 1987.

5. Dilarang Pergi ke Luar Angkasa
Saat akan bergabung ke Sunderland, Stefan Schwarz mendapat pertanyaan dari direksi klub terkait apa yang ingin dilakukannya dalam beberapa tahun ke depan, Spontan Schwarz menjawab dirinya ingin membeli satu tiket perjalanan ke luar angkasa.

Mengetahui hal tersebut, kubu Sunderland memasukkan perjanjian 'dilarang pergi ke luar angkasa' dalam klausul kontrak Schwarz.

bola.net
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com