Makan Apel Jantung Jadi Sehat

Gemar makan sayur, buah, kacang atau biji – bijian? Makanan kaya serat ini, ternyata bisa menjadi salah satu nutrisi penjaga kesehatan jantung.mAda makanan sehat lainnya yang bisa dikonsumsi secara rutin. Bukan hanya enak dan mudah didapat, tapi juga bikin jantung kuat dan sehat!

Olahraga teratur, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol memang bisa menjaga kesehatan jantung. Namun, tidak cukup dengan itu saja, makan makanan tertentu secara teratur juga bisa mempertahankan kesehatan jantung secara optimal, seperti makanan berikut ini:

Sayuran hijau
Bayam, brokoli, pak choy, dan kangkung kaya akan kalori, serat, asam folat, magnesium, kalsium, kalium serta rendah lemak. Makan sayuran hijau secara rutin bisa menurunkan resiko penyakit jantung sebanyak 11%.

Oats
Oat mengandung beta glucan, yang merupakan serat larut air yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolestrol LDL (kolestrol buruk) dalam darah sehingga jantung lebih terjaga fungsinya.

Biji – bijian
Gandum, cantel, dan beragam jenis biji – bijian lainnya memiliki serat alami, vitamin E, zat besi, magnesium, dan sejumlah antioksidan yang baik untuk jantung serta bisa mengurangi tekanan darah.

Kedelai
Protein pada kedelai telah terbukti baik untuk mencegah serangan jantung. Kandungan protein dalam kedelai sangat baik untuk pengganti protein daging merah. Olahan kedelai seperti tempe, tahu, dan olahan kedelai lainnya bisa menjadi selingan menu yang menyehatkan.

Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang baik untuk memelihara kesehatan jantung dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol LDL.

Tomat
Kandungan vitamin pada tomat bisa bertindak sebagai pembersih darah. Makan tomat secara teratur bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Sebaiknya makan tomat segar sebagai lalap atau campuran salad.

Apel
Apel memiliki kandungan fitokimia yang disebut quercetin yang bertindak sebagai anti peradangan dan dapat membantu mencegah penggumpalan darah. Apel juga memiliki kandungan serat dan vitamin. Makanlah satu buah apel dengan campuran kacang kenari dan almond sebagai camilan sehat.

Almond
Almond mengandung vitamin B17, E dan mineral seperti magnesium, zat besi, dan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk menurunkan kadar kolestrol dan resiko penyakit jantung.

Red Wine
Minum red wine terbukti baik untuk jantung. Pasalnya red wine memiliki antioksidan tinggi yang disebut resverartrol. Kandungan senyawa yang baik melindungi kesehatan jantung.

detikfood.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com