Husni Mobarak Menolak Mundur Meski 30 tahun menjabat Presiden

Kairo (voa-islam.com) Beginilah potret arab bahlul kroni Yahudi yang kerap menjadi duri perdamaian di Palestina, dialah Presiden Mesir Hosni Mubarak yang menolak mundur meski sejak 14 Oktober 1981 menjadi presiden Mesir.
Para aktivis menyerukan dilakukan unjuk-unjuk rasa besar-besaran setelah tiga hari protes yang diilhami demonstrasi-demonstrasi yang menggulingkan pemimpin Tunisia bulan ini,Presiden Tunisia Zine El Abidine Ben Ali pada bulan Januari ini. Unjuk rasa di seluruh negara itu menjadi aksi demonstrasi terbesar dalam tiga dasa warsa.
Desakan mundur para demonstran membuat Husni Mubarak kalap, ia memerintahkan menangkap para anggota Ichwanul Muslimin termasuk para pemimpin senior. Kantor berita AFP menyebutkan 20 anggota kelompok oposisi utama Ichwanul Muslimin telah ditahan.

Pemerintah mengeluarkan peringatan-peringatan kepada para pengunjuk rasa muda dan tidak mengizinkan Ichwanul Muslimin menggunakan protes-protes itu untuk apa yang pihak berwenang sebut sebagai "agenda tersembunyinya".

Presiden Mesir Hosni Mubarak hari Jumat memperluas jam malam yang mencakup seluruh 28 wilayah gubernuran di negara itu, demikian diumumkan televisi pemerintah pada akhir hari keempat protes.

"Setelah dekrit sebelumnya... panglima angkatan bersenjata memutuskan memperluas jam malam yang mencakup seluruh wilayah gubernuran di negara itu," kata televisi pemerintah dalam siaran tersebut.

Jam malam diberlakukan mulai pukul 18.00 waktu setempat (pukul 23.00 WIB) sampai pukul 07.00, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Mubarak telah meminta angkatan bersenjata, dalam kerja sama dengan polisi, untuk melaksanakan keputusan tersebut, dan menjaga keamanan dan mengamankan kantor pemerintah serta harta benda masyarakat, katanya.

Sedikitnya satu tank ditempatkan di samping bangunan televisi yang menjadi kantor kementerian penerangan, sementara demonstrasi berlanjut di Mesir pada Jumat dengan tuntutan pengunduran diri Mubarak. (ant/voa-islam.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com