jam dinding terbesar di dunia

Jam dinding terbesar di Saudi Arabia dan terbesar di dunia ada di Kota Suci Mekkah Almukarohma. Saat bulan Ramadhan ini sedang taraf uji coba. Menara jam dengan empat sisi dipasang diatas sebuah pencakar langit besar yang memiliki ketinggian 600 meter atau tertinggi kedua di dunia setelah Burj al Khalifa di Dubai.

Jam dinding ini menjadi simbol kota London Big Ben, yang menempati sebagai jam segi empat terbesar di dunia, menjadi terlihat kecil. Dengan diameter 40 meter segi empat sama sisi menjadikan jam dinding di Saudi mengalahkan jam dinding yang ada di London dan di Istanbul yaitu jam Mall Cevahir yang memiliki lebar 36 meter di atas sebuah komplek perbelanjaan.

Pemandangan yang terlihat dari ketinggian jam dinding tersebut adalah sekitar Masjid Suci Mekkah dan Kabah yang merupakan kota yang sering dikunjungi oleh manusia dari penjuru dunia untuk menunaikan haji. Uji coba ini akan dilakukan selama sepekan pada bulan Ramadhan ini. Saat ini hanya satu sisi jam yang telah dibangun dengan lapisan kaca 98 juta lembar kaca Mozaik.

Disetiap sisi jam tersebut tertulis lafad Allahu Akbar dengan tulisan arab dan dilengkapi lampu warna warni. Jam tersebut dapat dilihat dari jarak 24 kilometer. Sebuah observatoriumdibangun di dasar jam berbentuk bulan sabit dari emas yang sangat besar dengan diameter 23 meter akan diletakkan diatas jam. Bulan Sabit tersebut akan disorot oleh lampu dari dasar sampai atas dan memiliki ketinggian 251 meter.

Perancang jam fenomenal tersebut oleh Insinyur dari Jerman dan Swiss. Menurut departemen agama wakaf seluruh proyek akan menelan biaya sebesar 800 juta dolar AS. Pada saat bersamaan telah dibangun juga beberapa menara oleh pengembang Saudi, Binladen Group.
www.qumindo.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com