Inilah Demokrasi: Kaya Sumber Daya Alam, 5 Provinsi Masuk Katagori Paling Miskin

Jakarta - Sepanjang tahun 2010, lima provinsi masuk dalam katagori paling miskin. Kelimanya memiliki sumber daya alam yang besar, tetapi pendapatan penduduknya sangat rendah.

Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono menyebutkan terdapat lima provinsi yang masuk dalam kategori termiskin sepanjang 2010. Kelima provinsi tersebut adalah Papua, Papua Barat, Maluku, Gorontalo dan NTT.

"Nominalnya tidak banyak karena penduduknya sedikit yaitu Papua, Papua Barat, Gorontalo, NTT, dan Maluku," ujarnya dalam acara Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/4/2011).

Menurut Agung, yang menjadi dasar penentuan kategori miskin adalah pendapatan per penduduk, akses kesehatan, akses pendidikan, sarana prasarana dan infrastruktur.

"Di bawah income nasional, itu yang memprihatinkan kita. Padahal sumber sumber daya alamnya besar. Ini menjadi pekerjaan rumah kita lah," ujarnya.

Sebagai informasi, pendapatan per orang per tahun secara nasional untuk 2010 adalah US$3005. Pada tahun 2010, penduduk miskin 31 juta orang atau 13,3 persen dari total penduduk Indonesia.

"Dengan PDB per kapita sekitar US$ 3.000 dan pertumbuhan sebesar 6.1 persen, Indonesia masuk Lower Middle Income Countries," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Lukita Dinarsyah Tuwo menambahkan, peta provinsi dengan kategori termiskin setiap tahunnya berubah dan bukan hanya terjadi di wilayah timur saja.

"Enggak (hanya wilayah timur), PDT (Pembangunan Daerah Tertinggal) kan ada 183 daerah tertinggal," ujarnya pada tempat yang sama.

Lukita menjelaskan, untuk meningkatkan kesejahteraan pada lima provinsi termiskin tersebut, pemerintah telah memasukkan dalam prioritas utama untuk pembangungan infrastruktur. 

"Melalui Kementerian PDT dan Kementerian PDT sendiri akan memprioritaskan yang memang paling tertinggal," pungkasnya. (detikfinance, 29/4/2011)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com