Pada Tingkat Tertentu, Manfaat Kopi Berbalik Jadi Masalah

Bagi orang sehat, kopi bisa memberikan banyak manfaat asalkan diminum dalam jumlah yang wajar. Tapi bila diminum dalam jumlah yang berlebihan, kopi bisa menyebabkan orang gugup dan mudah tersinggung.

Kopi pada tingkat tertentu tidak lagi bekerja sebagai pembangkit semangat dan energi, tetapi malah bisa menyebabkan hilangnya konsentrasi serta meningkatnya kegugupan dan mudah tersinggung. Tingkat tertentu ini lebih dari 1-2 cangkir kopi per hari dimana jika sudah melebihi tingkat itu orang cenderung menjadi kecanduan.

"Jika titik puncaknya telah tercapai, secangkir lebih kopi tidak lagi mengarah pada peningkatan konsentrasi atau kinerja," jelas Lucie Nusbaum dari Germany’s Association of Nutritionists, seperti dilansir Indiavision, Kamis (7/7/2011).
Mengonsumsi terlalu banyak kopi dapat membuat Anda menjadi pecandu kopi.mPecandu kopi biasanya akan menderita sakit kepala karena gejala efek balikan (withdrawal) karena tidak mendapatkan sejumlah kopi yang dibutuhkan dalam sehari.
Hal ini akhirnya membuatnya gugup dan mudah tersinggung, layaknya orang yang sakau terhadap alkohol dan obat-obatan terlarang.
Kopi memberikan dorongan jangka pendek untuk tekanan darah tubuh dan ketika peningkatan ini gagal maka dapat mempengaruhi kepala dan menyebabkan sakit kepala.
"Saya harus hidup dengan sakit kepala karena efek balikan, yang dapat bertahan beberapa hari," jelas Nusbaum, yang tidak ingin minum kopi lagi.

Tak hanya dapat menyebabkan gugup dan mudah tersinggung, orang yang minum terlalu banyak kopi bisa mengalami beberapa masalah seperti berikut:


  1. Gelisah
  2. Gangguan kardiovaskular
  3. Sakit kepala
  4. Gangguan pencernaan
  5. Gangguan kencing
  6. Insomnia

detikhealth.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com