Menghapus Recent Documents Secara Otomatis Saat Shutdown

Recent Documents adalah salah satu fitur Windows untuk membuka kembali dokumen yang pernah Anda buka. Fitur ini bisa kita lihat pada Start Menu pada semua versi windows. Fungsi dari recent documents yaitu untuk menampilkan dokumen-dokumen yang terakhir kita buka di komputer kita. Dokumen tersebut bisa dokumen word, excel, mp3, video dan lain sebagainya.

Singkatnya dengan fitur recent documents ini, Orang akan lebih mudah untuk membuka dokumen yang pernah dibuka pengguna sebelumnya. Namun, fitur ini juga memiliki kelemahan, terutama masalah privasi. Jika Anda menggunakan komputer yang biasa diakses banyak orang, misalnya warnet, kantor, sekolah atau tempat umum lainnya, maka orang lain akan mengetahui dokumen apa saja yang baru Anda buka. Hal ini tentu saja akan sangat mengkhawatirkan, terutama jika dokumen yang Anda buka bersifat rahasia.

Saya mempunyai satu cara untuk menghapus recent document secara otomatis. Dengan cara ini, ketika komputer dimatikan, recent documents akan secara otomatis kosong. Tertarik untuk mencobanya? Berikut saya berikan cara menghapus recent documents secara otomatis pada saat komputer Shut Down:

1. Klik Start >> Run untuk membuka kotak dialog Run.
2. Pada input Run ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter untuk membuka jendela Local Group Policy Editor.
3. Setelah itu, pada tree view sebelah kiri, expand Administartive Template pada node User Configuration.
4. Kemudian klik Folder Start Menu and Taskbar. (lihat Gambar)
 
5. Di sisi sebelah kanan carilah tulisan “Clear history of recently opened documents on exit.” kemudian klik dua kali.
6. Setelah itu akan muncul sebuah jendela lagi. Pada jendela tersebut pilih opsi “Enabled”.
7. Untuk menyimpan dan menutup jendela tersebut klik tombol OK.

Semuanya telah selesai. Kini periksalah recent documents pada Start Menu komputer Anda. Apakah terdapat item yang pernah Anda buka? Jika ya, biarkan saja. Jika tidak, cobalah membuka 1 atau 2 buah dokumen agar recent documents tersebut terisi. Apabila recent documents telah terisi, cobalah melakukan restart terhadap komputer Anda untuk memastikan apakah seting Anda berhasil.

Jika komputer sudah kembali hidup dan Anda sudah masuk ke Windows, cobalah mengakses recent documents Anda. Apakah masih ada item disana? Jika belum, cobalah mengulangi langkah-langkah tadi dan pastikan opsi Enabled telah Anda tandai. Jika ya, berati Anda sudah berhasil. Kini setiap Anda melakukan shut down maka secara otomatis recent documents akan dihapus. Demikian tips singkat untuk menghapus recent documents secara otomatis pada saat komputer di matikan. Selamat mencoba.
 
situslakalaka.blogspot.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com