Google Pastikan Buka Kantor di Indonesia Tahun Ini

Google akhirnya memastikan untuk membuka kantor di Indonesia sebelum 2012. Hal itu diutarakan oleh Eric Schmidt, Executive Chairman Google, yang bertemu dengan Wakil Presiden Boediono hari Jumat ini di Kantor Wakil Presiden selama satu jam.

Seperti dikutip dari Kompas, Juru Bicara Wakil Presiden Yopie Hidayat menjelaskan bahwa Google ingin mengembangkan bisnis lewat pengembangan platform yang berfungsi menghubungkan usaha kecil menengah di Indonesia dengan pembeli dari luar negeri. Ini seperti yang sudah dilakukan Google di China. Bagi Google, ini penting untuk menambah pemasukan dari advertising.
Setelah pertemuan ini perwakilan Google akan melakukan kerjasama intensif dengan pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk pembuatan nota kesepahaman (MoU – Memorandum of Understanding). Ini merupakan dasar yang penting bagi pengembangan bisnis Google di Indonesia.

Sebelumnya sudah muncul polemik kapankah Google membuka kantor di Indonesia, menyusul Singapura dan Malaysia yang terlebih dahulu memiliki kantor perwakilan. Google resmi memperkenalkan kantornya di Malaysia di bulan Januari 2011 ini. Selain itu, diperkirakan tahun ini Google juga akan membuka perwakilan di Thailand. Kami membuat sebuah post tentang kenapa mereka tidak harus membuka kantor di sini — meskipun tentu bagus sekali jika mereka memiliki arah ekspansi ke sana.
Saya perkirakan nantinya fokus kantor Google di Indonesia adalah berkaitan dengan Adsense sebagai basis pemasukan Google selama ini. Lowongan yang dibutuhkan tentunya tidak jauh-jauh dari tenaga penjualan (Sales) dan pemasaran (Marketing). Tidak akan ada banyak Engineer dibutuhkan di sini karena salah satu produk lokal Google untuk Indonesia, Google Voice Search berbahasa Indonesia dapat diwujudkan tanpa kehadiran kantor perwakilan di sini. Sementara ini, Google sudah memiliki representatives di Indonesia yang bekerja secara remote dan menginduk pada kantor Google di Singapura.
[sumber artikel: http://dailysocial.net/2011/07/22/google-pastikan-buka-kantor-di-indonesia-tahun-ini/]
[sumber gambar: http://1dak.com/people/google-office-pictures-47-pics/]
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com