Penetrasi adalah Cara Makhluk Hidup Hindari Parasit

Tak seorangpun tahu kenapa hampir semua makhluk hidup berkembang biak dengan melibatkan penetrasi atau hubungan seks. Misteri itu mulai terpecahkan setelah ilmuwan mengungkap, salah satu tujuan berhubungan seks adalah untuk menyingkirkan parasit.

Beberapa jenis makhluk hidup bisa berkembang biak tanpa berhubungan seks, antara lain dengan cara membelah diri maupun bertunas. Namun pada sebagian besar makhluk hidup khususnya hewan, perkembangbiakan harus didahului dengan hubungan seks antara jantan dan betina.

Belakangan terungkap, mekanisme ini merupakan salah satu cara untuk menyingkirkan parasit dari tubuh makhluk hidup. Jika salah satu di antara jantan atau betina terinfeksi parasit, perpaduan antara keduanya saat berhubungan seks menciptakan struktur baru yang tidak terinfeksi.

Dari generasi ke generasi, pembuahan silang antara jantan dan betina diduga berperan dalam menciptakan keturunan-keturunan yang semakin kebal terhadap infeksi parasit. Teori ini sudah lama diyakini para ilmuwan, namun belum ada bukti ilmiah yang cukup kuat yang mendukungnya.

Namun baru-baru ini, para ahli dari University of Indiana melakukan eksperimen yang memberikan bukti baru untuk mendukung teori tersebut. Eksperimen ini melibatkan 2 spesies cacing, salah satunya berkembang biak dengan membelah diri dan yang lain harus berhubungan seks.

Saat dipelihara dalam lingkungan yang penuh bakteri berbahaya, cacing yang berkembang biak lewat hubungan seks teramati lebih kebal. Dibanding cacing yang membelah diri, cacing yang berhubungan seks lebih sedikit yang mati karena terinfeksi bakteri berbahaya tersebut.

"Hubungan seks memungkinkan makhluk hidup untuk menghindari infeksi parasit, sedangkan membelah diri justru meningkatkan risiko infeksi," ungkap Curtis Lively, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian tersebut seperti dikutip dari Telegraph, Senin (11/7/2011).

detikhealth.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013. Berita Menarik - All Rights Reserved
Design by Gusti Putu Adnyana Powered by idblogsite.com